Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia

 
 FAQFAQ   PencarianPencarian   AnggotaAnggota   GroupGroup   PendaftaranPendaftaran 
 ProfilProfil   Login ke Pesan Pribadi AndaLogin ke Pesan Pribadi Anda   LoginLogin 

Software Payroll Indonesia

Perlu memotong PPh atas Sewa Ruangan ga sih?

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh Final
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
agustine_lina



Sejak: 19 Jul 2007
Post: 3
Lokasi: Jakarta

PostDikirim: Jum Jul 20, 2007 2:45 am    Judul: Perlu memotong PPh atas Sewa Ruangan ga sih? Balas dengan kutipan

Tolong tmn2 bantu yach.

Tiap 3 bln sekali, kantor gw membayar sewa ruangan + PPN nya. Tp ga ngerti gmn PPh atas Sewa nya. PPh nya Final utk si pemilik gedung, betulkah? Trus PPh itu harusnya dipotong oleh perusahaan gw atau bisa di setor sendiri oleh si pemilik gedung? Trus tarifnya 10% bukan? Di perjanjian Kontrak Sewa sih ga menyebutkan ttg PPh nya.

Klo gw masukin sewa tsb sebagai biaya sewa dlm lap.keu & SPT, kira-kira bermasalah ga yach krn PPh nya?

-thanx be4-
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
janggola



Sejak: 12 Apr 2007
Post: 30
Lokasi: Siantar

PostDikirim: Jum Jul 20, 2007 4:21 am    Judul: Perlunya Perjanjian Sewa Balas dengan kutipan

Yang perlu diingat adalah bahwa ada atau tdk ada perjanjian tentang pemotongan; pajak tetap harus dipotong. Jika pihak pemilik gedung tdk setuju dipotong maka yang harus menanggung PPh adalah si penyewa. Untuk itu sangat perlu perjanjian sewa yang mencantumkan ttg kewajiban pajak. Nama pajaknya adalah PPh Pasal 4 ayat (2) Final atas sewa tanah dan atau bangunan.. Lazimnya PPh tsb dipotong dan disetorkan oleh si Penyewa (sesuai dengan UU ttg PPh). Tentu saja Biaya sewa harus di masukkan dalam Lap Keu dan SPT, tdk akan ada masalah sepanjang PPh yang dipotong tsb sudah disetor dan dilaporkan.
Demikian.
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
empu_tantular



Sejak: 04 Apr 2008
Post: 35

PostDikirim: Sen Apr 07, 2008 7:19 am    Judul: Balas dengan kutipan

perusahaan adalah pemotong/pemungut pajak.............
maka ya harus dipotong atau dipungut PPh finalnya...........
jika ga mau dipotong maka sebenarnya bisa disetor sendiri dalam hal penyewa bukan pemotong/pemungut...

Regards,

(Empu)
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email
mardiyanto



Sejak: 16 Apr 2008
Post: 10
Lokasi: STAN Tangerang

PostDikirim: Sen Apr 21, 2008 2:49 pm    Judul: Balas dengan kutipan

Tolong tmn2 bantu yach.

Tiap 3 bln sekali, kantor gw membayar sewa ruangan + PPN nya. Tp ga ngerti gmn PPh atas Sewa nya. PPh nya Final utk si pemilik gedung, betulkah? Trus PPh itu harusnya dipotong oleh perusahaan gw atau bisa di setor sendiri oleh si pemilik gedung? Trus tarifnya 10% bukan? Di perjanjian Kontrak Sewa sih ga menyebutkan ttg PPh nya.

Klo gw masukin sewa tsb sebagai biaya sewa dlm lap.keu & SPT, kira-kira bermasalah ga yach krn PPh nya?

-thanx be4-

PPH sewa tanah dan bangunan fimal 10% buat yang dipotong............
KAlo perusahaannya jadi pemotong ya potong aja, klo nggak motong nanti diterbitin SKP sama kantor pajak + dendanya(klo g salah kenaikan 100%)... jadi suruh bayar yang 10%PPh+d4enda dan nggak bisa kita tagih ke yang punya ruang

Biaya sewa nggak ada masalah, asal secara akrual memang biaya tahun itu... nyatetnya juga tetep 100% biaya sewa, bukan 90%, tapi jangan lupa disetor yang 10%
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email Yahoo ID
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh Final Zona waktu menurut GMT
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling


Powered by www.pajak.net © 2005-2007