Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia

 
 FAQFAQ   PencarianPencarian   AnggotaAnggota   GroupGroup   PendaftaranPendaftaran 
 ProfilProfil   Login ke Pesan Pribadi AndaLogin ke Pesan Pribadi Anda   LoginLogin 

Software Payroll Indonesia

PENGERTIAN GROSS UP???

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh 21
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
aries



Sejak: 06 Jan 2008
Post: 2
Lokasi: jakarta pusat

PostDikirim: Rab Apr 09, 2008 1:48 pm    Judul: PENGERTIAN GROSS UP??? Balas dengan kutipan

SALAM MANIEZ UNTUK REKAN-REKAN PAJAK...

SAYA MAU TANYA DONG, TOLONG KALO ADA YANG BISA MENJELASKAN APA ITU YANG DIMAKSUD DENGAN GROSS UP.

PLEASE.. BUTUH JAWABAN YANG BENER. SOALNYA SAYA MASIH "BARU" BANGET DI BIDANG PAJAK INI. [/code]
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Yahoo ID
astax



Sejak: 03 Jul 2007
Post: 25
Lokasi: Jakarta Pusat

PostDikirim: Sel Apr 15, 2008 7:14 am    Judul: Groos Up Balas dengan kutipan

Hi Bung Aries kalo mengenai gross up itu adalah nilai tertentu adalah nilai sudah termasuk PPN or Ps. yg lain mis

Nilai Penjualan (Inc PPN 10%) 3.500.000

Penjualan (3.500.000:1.1) 3.181.818
PPN 10% 318.182
Jumlah 3.500.000,-

Ps. 21 - Nilai 500.000 (Inc Ps. 21) = 500.000 : 0.95 = 526.316

begitu kira2 bung aries yg dinamakan Gross Up dan dapat diartikan juga pajak tersebut disubsidi oleh pihak yang memot (spt contoh Ps. 21 = 26.316 itu dibayarkan oleh pihak memot)

thanks mudah2an membantu bung Aries
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
empu_tantular



Sejak: 04 Apr 2008
Post: 35

PostDikirim: Rab Apr 16, 2008 9:45 am    Judul: Balas dengan kutipan

nanya niy,

kalo gross up PPh gmn???
Misalnya perusahaan memberikan honor trus dipotong PPHnya kan
honornya Rp3.500
dipotong misalnya 10% (biar gampang y)
gmn ngitungnya??????????
berarti penghasilannya Rp3.500 dan dipotong pajak 10%
kalo ga ditanggung perusahaan maka pembayaran honor Rp3.150 yang 350 dipotong PPh.........
Nah problemnya kalo ditanggung perusahaan PPhnya gmn tuh?????
kan penghasilannya berapa tuh kalo dihitung
3.500 X (100/110) = 3.182
pajak ditanggung 318 ya!!!
tapi karena pajak ditanggung perusahaan maka kan penghasilan sebenenya adalah 3.500 (3.182+318) kan tunjangan pajak jadi penghasilan juga kan???????????
kalo ga dihitung sbg penghasilan maka penghasilan orang tersebut yang akan dilaporkan adalah 3.182 dan perusahaan harus motong 10% (318) jadi yg dibayar kan cuma 2.864 (3.182-318)
gmn tuh pak?????????
Apa ada yg salah dengan gross up itu????


Regards,


(empu)
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email
Katro



Sejak: 03 Jul 2007
Post: 79
Lokasi: Malang

PostDikirim: Rab Apr 16, 2008 10:00 am    Judul: Balas dengan kutipan

Buat eyang Empu;
[quote]kan penghasilannya berapa tuh kalo dihitung
3.500 X (100/110) = 3.182 [/quote]

Klo gross up pph 21 berarti penghasilannya harusnya 3.850 dunks (3.500+350)
Nah 350 nya itu tunjangan PPh buat karyawan....
Gross up berarti pihak kedua dapetnya bersih (nett) sehingga kita hrs itung gross nya...
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
empu_tantular



Sejak: 04 Apr 2008
Post: 35

PostDikirim: Rab Apr 16, 2008 10:05 am    Judul: Balas dengan kutipan

ane cuma ambil contoh di atasnye
trus lanjut dech

kalo penghasilannya 3.850 perusahaan motong berapa dunk??
misal PPh 10%
jadi 385 kan.............
yang dibayarkan jadi 3.465 (3.850-385)
ya ga??????????????????????
padahal bayarnya 3.500 jadi yg dipotong cuma 350
PPhnya ga 10% dunk (350/3.850)
hehehe..........................

???

Regards,


(empu)
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email
Katro



Sejak: 03 Jul 2007
Post: 79
Lokasi: Malang

PostDikirim: Kam Apr 17, 2008 4:32 am    Judul: Balas dengan kutipan

Ya sih, cuman intinya : Gross up berarti pihak kedua dapetnya bersih (nett) sehingga kita hrs itung gross nya...

Klo mau software gratis u/ itung tunjangan PPh agar sama dg. Pajak nya ada di Krishand ya...(bukan promosi)

Tpi klo itungan pake matematika bisa kok. Misal pendapatannya 3.500, maka tunjangan pajaknya = (0.1*pendapatan)/0.9
= 389
Total pendapatan = 3.889 (3.500+389)
Pajak = 389 (3.889*10%)
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
empu_tantular



Sejak: 04 Apr 2008
Post: 35

PostDikirim: Jum Apr 18, 2008 6:06 am    Judul: Balas dengan kutipan

nah ok klo gitu klop....
jadi kalo gross up untuk PPh kan jika penghasilan 3500 bukan berarti pajaknya dihitung dengan 3500 (10/110).
Tapi ya gitu jika pajaknya dihitung segitu jadinya kan kurang bayar y...
Thanks!!!!!!11
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email
didiet_hp



Sejak: 03 Mei 2007
Post: 15
Lokasi: Surabaya

PostDikirim: Sen Apr 21, 2008 3:20 am    Judul: Balas dengan kutipan

sebenarnya gross up untuk PPh 21 juga harus memperhatikan posisi laba perusahaan.jangan sampe karena penerapan gross up malah membuat perusahaan "merugi"

krishand softwarewww.pajakindonesia.com
Free All Indonesia Tax Information
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kunjungi situs pengirim Yahoo ID
Katro



Sejak: 03 Jul 2007
Post: 79
Lokasi: Malang

PostDikirim: Sel Apr 22, 2008 8:51 am    Judul: Balas dengan kutipan

[quote]
krishand softwarewww.pajakindonesia.com
Free All Indonesia Tax Information
[/quote]

Jadi membernya kok ada yg bayar segala? jadinya perlakuannya pasti beda ya? Klo bisa gratis semua saja...!!!
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh 21 Zona waktu menurut GMT
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling


Powered by www.pajak.net © 2005-2007