Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia

 
 FAQFAQ   PencarianPencarian   AnggotaAnggota   GroupGroup   PendaftaranPendaftaran 
 ProfilProfil   Login ke Pesan Pribadi AndaLogin ke Pesan Pribadi Anda   LoginLogin 

Software Payroll Indonesia

perencanaan pajak??????

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> Aspek Perpajakan
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
duodin



Sejak: 18 Jul 2008
Post: 3

PostDikirim: Sel Jul 29, 2008 3:18 am    Judul: perencanaan pajak?????? Balas dengan kutipan

salam bagi ahli pajak....

PT A adalah sebuah perusahaan jasa ekspor impor yang berkembang pesat dan sedang mendapatkan penawaran untuk melakukan penggabungan usaha dengan PT B, sebuah perusahaan pakaian jadi yang sedang mengalami kesulitan keuangan. Namun, menurut manajemen PT B, PT B sedang menegosiasikan untuk mendapat order pakaian jadi dalam jumlah besar ke pasar Eropa. Dilain pihak, PT A juga mendapatkan penawaran untuk melakukan penggabungan usaha dengan sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit (PT C) yang juga mempunyai lini usaha pabrikan minyak goreng.
PT C akan menggabungkan PT A sebagai salah satu unit ekspor impornya untuk pengembangan pasar ekspor ke Amerika Serikat. PT C merencanakan menjual saham di pasar bursa (go public) 2 tahun yang akan datang dimana diperkirakan harga pasar saham PT C akan mencapai harga jual yang sangat menguntungkan.
Jika penawaran PT C disetujui oleh pemegang saham PT A, PT C akan melikuidasi PT A dan pemegang saham PT A akan mendapatkan 10% saham PT C sebagai pengganti saham PT A yang sebelumnya dimiliki oleh pemegang saham PT A. Kondisi keuangan PT A cukup sehat, tidak mempunyai utang, arus kas lancer dan tidak ada kompensasi kerugian apapun. Selain itu, manajemen PT A sedang mempertimbangkan untuk melakukan revaluasi aktiva tetap.
Pertanyaan: dari sisi perencanaan pajak, apa rekomendasi anda untuk pemegang saham PT A?

terima kasih sebelumnya..
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
yudas



Sejak: 24 Feb 2007
Post: 40

PostDikirim: Rab Jul 30, 2008 6:19 am    Judul: Coba Membantu Balas dengan kutipan

Saya rasa ini adalah murni keputusan bisnis,selama menurut anda penggabungan usaha ini menguntungkan dan 'legitimate' dr sisi bisnis maka tidak ada masalah. Mengenai aspek pajaknya saya rasa tidak ada masalah,kalau toh mungkin ada hal2 yang harus diperhatikan adalah aspek teknisnya,maksud saya seperti dalam hal penghapusan NPWP PT A (kalau PT A benar dilikuidasi karena penggabungan tersebut),pelunasan hutang pajak kalo ada dan pemenuhan kewajiban pajak lainnya yg belum terlaksana. Mungkin kelihatanya hanya hal2 yg sederhana tp anda harus benar2 terncana dengan baik,apalagi dalam proses tersebut PT A akan menghadapi pemeriksaan pajak terkait permohonan penghapusan NPWP.
Oya satu lagi kalau bisa anda mencari tahu kondisi perusahaan C tidak hanya kondisi keuangan namun juga kondisi 'kesehatan' pajaknya, dalam artian perusahaan yang 'sehat' tentunya kondisi keuangannya sehat dan demikian juga dengan administrasi perpajakannya.
Itu saja yang bisa saya bantu,trims^^,maaf kalo ada salah kata
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email Yahoo ID
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> Aspek Perpajakan Zona waktu menurut GMT
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling


Powered by www.pajak.net © 2005-2007