Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia

 
 FAQFAQ   PencarianPencarian   AnggotaAnggota   GroupGroup   PendaftaranPendaftaran 
 ProfilProfil   Login ke Pesan Pribadi AndaLogin ke Pesan Pribadi Anda   LoginLogin 

Software Payroll Indonesia

Apa Itu Arus Kas (Cash Flow), Kenapa Penting

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> Akuntansi Keuangan
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
pakjokowi



Sejak: 13 Jan 2017
Post: 1

PostDikirim: Jum Jan 13, 2017 4:22 am    Judul: Apa Itu Arus Kas (Cash Flow), Kenapa Penting Balas dengan kutipan

Arus kas (cash flow) adalah suatu laporan keuangan yang berisikan efek kas berasal dari kesibukan operasi, kesibukan transaksi investasi dan kesibukan transaksi pembiayaan/pendanaan serta kenaikan atau penurunan bersih di dalam kas suatu perusahaan sepanjang satu periode.
Menurut PSAK No.2 (2002 :5) Arus kas adalah arus masuk dan arus muncul kas atau setara kas. Laporan arus kas merupakan revisi berasal dari mana duwit kas diperoleh perusahaan dan bagaimana mereka membelanjakannya. Laporan arus kas merupakan ringkasan berasal dari penerimaan dan pengeluaran kas perusahaan sepanjang periode tertentu (biasanya satu tahun buku).

Laporan arus kas (cash flow) memiliki kandungan dua macam aliran/arus kas yakni :

Cash inflow
Cash inflow adalah arus kas yang berlangsung berasal dari kesibukan transaksi yang melahirkan keuntungan kas (penerimaan kas). Arus kas masuk (cash inflow) terdiri dari:

Hasil penjualan produk/jasa perusahaan.
Penagihan piutang berasal dari penjualan kredit.
Penjualan aktiva senantiasa yang ada.
Penerimaan investasi berasal dari pemilik atau saham seumpama perseroan terbatas.
Pinjaman/hutang berasal dari pihak lain.
Penerimaan sewa dan penghasilan lain.

Cash out flow
Cash out flow adalah arus kas yang berlangsung berasal dari kesibukan transaksi yang mengakibatkan beban pengeluaran kas. Arus kas muncul (cash out flow) terdiri berasal dari :
Pengeluaran biaya bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya pabrik lain-lain.
Pengeluaran biaya administrasi lazim dan administrasi penjualan.
Pembelian aktiva tetap.
Pembayaran hutang-hutang perusahaan.
Pembayaran ulang investasi berasal dari pemilik perusahaan.
Pembayaran sewa, pajak, deviden, bunga dan pengeluaran lain-lain.
Laporan arus kas ini memberi tambahan Info yang relevan berkenaan penerimaan dan pengeluaran kas berasal dari perusahaan berasal dari suatu periode tertentu, dengan mengklasifikasikan transaksi berdasarkan pada kesibukan operasi, investasi dan pendanaan.

Menurut PSAK No.2 (2002:9) Laporan arus kas wajib melaporkan arus kas sepanjang periode tertentu yang diklasifikasikan menurut kesibukan operasi, investasi, dan pendanaan.

Aktivitas Operasi
Aktivitas operasi menimburkan penghasilan dan beban berasal dari operasi utama suatu perusahaan. Karena itu kesibukan operasi memengaruhi laporan laba rugi, yang dilaporkan dengan dasar akrual. Sedangkan laporan arus kas melaporkan dampaknya pada kas. Arus masuk kas terbesar berasal dari opersi berasal berasal dari pengumpulan kas berasal dari langganan. Arus masuk kas yang kurang perlu adalah penerimaan bunga atas utang dan dividen atas investasi saham. Arus muncul kas operasi meliputi pembayaran pada pemasok dan karyawan, serta pembayaran bunga dan pajak.

Aktivitas Investasi
Aktivitas investasi menambah dan menurunkan aktiva jangka panjang yang digunakan perusahaan untuk laksanakan kegiatannya. Pembelian atau penjualan aktiva senantiasa layaknya tanah, gedung, atau peralatan merupakan kesibukan investasi, atau dapat pula berwujud pembelian atau penjualan investasi di dalam saham atau obligasi berasal dari perusahaan lain.

Pada laporan arus kas kesibukan investasi termasuk lebih berasal dari sebatas pembelian dan penjualan aktiva yang digolongkan sebagai investasi di neraea. Pemberian utang juga merupakan suatu kesibukan investasi gara-gara utang menciptakan piutang kepada peminjam. Pelunasan utang selanjutnya juga dilaporkan sebagai kesibukan investasi pada laporan arus kas.

Aktivitas Pendanaan
Aktivitas pendanaan meliputi kesibukan untuk meraih kas berasal dari investor dan kreditor yang dibutuhkan untuk mobilisasi dan melanjutkan kesibukan perusahaan. Kegiatan pendanaan termasuk pengeluaran saham, peminjaman duwit dengan mengeluarkan wesel bayar dan utang obligasi, penjualan saham perbendaharaan, dan pembayaran pada pemegang saham layaknya dividen dan pembelian saham perbendaharaan. Pembayaran pada kreditor sebatas termasuk pembayaran pokok pinjaman. Kunjungi [url]https://sleekr.co/accounting/[/url] untuk memudahkan anda dalam membuat laporan keuangan
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> Akuntansi Keuangan Zona waktu menurut GMT
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling


Powered by www.pajak.net © 2005-2007