Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia

 
 FAQFAQ   PencarianPencarian   AnggotaAnggota   GroupGroup   PendaftaranPendaftaran 
 ProfilProfil   Login ke Pesan Pribadi AndaLogin ke Pesan Pribadi Anda   LoginLogin 

Software Payroll Indonesia

teknologi informasi akuntansi

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> Prosedur Akuntansi
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
tumpek



Sejak: 07 Okt 2006
Post: 1
Lokasi: medan

PostDikirim: Sab Okt 07, 2006 5:04 am    Judul: teknologi informasi akuntansi Balas dengan kutipan

saya ingin tanyakan, dalam penggunaan teknologi informasi akan terjadi pengurangan dokumen dan laporan akuntansi yang menggunakan kertas, laporaan akan dikirim disekitar jaringan dan hanya akan tampak dilayar, bagaimana seorang akuntan bisa mengetahui keabsahan dari laporan tersebut, dan apa pengaruhnya terhadap kerja seorang akuntan dalam melakukan audit.

trus, apakah sebagai seorang mahasiswa akuntansi saya harus juga memahami teknologi informasi,dan sampai sejauhmana pemaahaman tentang TI yang harus dimiliki seoarang akuntan nantinya.
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
Sutjipto



Sejak: 13 Ags 2007
Post: 4
Lokasi: Jakarta

PostDikirim: Sen Ags 13, 2007 5:25 pm    Judul: Balas dengan kutipan

Memang benar dalam sistem akuntansi yang terkomputerisasi terjadi pengurangan dokumen dan memang inilah salah satu keunggulan teknologi informasi dimana data yang sama tidak perlu diinput berulang oleh bagian (departemen) yang berbeda.

Namun hal ini tidak berarti bahwa seorang Akuntan menjadi tidak dapat memeriksa keabsahan laporan keuangan. Tetap akan ada audit trail, yakni kemampuan untuk menelusuri suatu angka di laporan keuangan (katakanlah angka penjualan di laporan laba rugi) sampai ke bukti asli (berupa faktur penjualan). Bahkan pada sistem akuntansi terkomputerisasi yang baik akan tercatat kapan transaksi diinput ke dalam sistem, dan siapa yang melakukan penginputan data. Sehingga jika terjadi kesalahan/ kecurangan bisa dilacak siapa pelakunya.

Namun tentu saja dibutuhkan keahlian tambahan untuk bisa melakukan audit terhadap sistem akuntansi terkomputerisasi, antara lain pengetahuaan tentang teknologi informasi misalnya: database, network, operating system, security risks, dll. Bahkan saat ini sudah ada badan yang memberi sertifikasi untuk auditor yang memiliki kompetensi untuk melakukan audit semacam itu. Auditor tersebut dapat dikenal dengan gelar CISA atau Certified Information System Auditor.

Salam,

Sutjipto
[b]Professional Consulting[/b]
Management And Accounting Consultant
[email protected]
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> Prosedur Akuntansi Zona waktu menurut GMT
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling


Powered by www.pajak.net © 2005-2007