Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia

 
 FAQFAQ   PencarianPencarian   AnggotaAnggota   GroupGroup   PendaftaranPendaftaran 
 ProfilProfil   Login ke Pesan Pribadi AndaLogin ke Pesan Pribadi Anda   LoginLogin 

Software Payroll Indonesia

Iuran perayaan dapat dikurangkan sebagai biaya ?

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh 25
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
Herry
Tamu





PostDikirim: Kam Okt 20, 2005 11:00 am    Judul: Iuran perayaan dapat dikurangkan sebagai biaya ? Balas dengan kutipan

Dh,

Apakah iuran-iuran yang dipungut dalam rangka penyelenggaraan acara untuk perayaan hari-hari besar Nasional dapat dikurangkan sebagai biaya dalam menghitung PPh Badan perusahaan kami?
Kembali Ke Atas
Peter
Tamu





PostDikirim: Kam Okt 20, 2005 11:01 am    Judul: Balas dengan kutipan

Tidak semua biaya yang dibukukan menurut prinsip akuntansi atau dikeluarkan oleh Perusahaan dapat dianggap sebagai biaya dalam menghitung PPh Badan. Hal ini dapat terjadi karena terdapat pengaturan khusus mengenai biaya-biaya yang dapat dikurangkan dalam menghitung PPh Badan terhutang. Bahkan diatur pula kriteria biaya yang tidak dapat dikurangkan dalam menghitung PPh Badan. Salah satu jenis biaya yang tidak dapat dikurangkan adalah sumbangan.
Pada praktiknya seringkali tidak mudah untuk membedakan mana pengeluaran atau biaya dengan jenis pengeluaran wajib dan mana yang sebenarnya bersifat sumbangan. Dari sudut pandang peraturan perpajakan, jika terdapat keraguan maka yang akan dijadikan patokan yang menentukan adalah substansinya (tidak hanya terpaku pada istilah atau dokumentasi yang digunakan).
Dalam hal ini aspek substansi akan melampaui aspek formalitas (dokumentasi, pencatatan, dsb.). Sumbangan sendiri umumnya secara sederhana dapat dimengerti sebagai pengeluaran yang bersifat sukarela dan tidak memiliki hubungan langsung dengan kegiatan usaha.
Memang akan menjadi sulit jika ternyata pada kenyataannya sumbangan yang sebenarnya bersifat sukarela telah berubah menjadi sesuatu yang memiliki sifat keharusan.
Namun demikian ditengah berbagai kemungkinan yang dapat berkembang maka secara praktis kami berpendapat bahwa jika sifat dari iuran tidak rutin, tidak dikenakan secara seragam, tidak disertai dokumen tanda terima formal, menggunakan istilah dan dicatat sebagai sumbangan (donasi) maka pengeluaran tersebut jelas mengarah sebagai bersifat sumbangan, dengan demikian tidak dapat dikurangkan dalam menghitung PPh Badan.
Kembali Ke Atas
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh 25 Zona waktu menurut GMT
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling


Powered by www.pajak.net © 2005-2007