Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia

 
 FAQFAQ   PencarianPencarian   AnggotaAnggota   GroupGroup   PendaftaranPendaftaran 
 ProfilProfil   Login ke Pesan Pribadi AndaLogin ke Pesan Pribadi Anda   LoginLogin 

Software Payroll Indonesia

Rugi Pajak Tidak Diklaim

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh 25
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
Eva
Tamu





PostDikirim: Sel Okt 25, 2005 1:14 am    Judul: Rugi Pajak Tidak Diklaim Balas dengan kutipan

Karena satu dan lain hal, bagaimana jika sebuah perusahaan yang memiliki rugi pajak tidak menggunakan haknya untuk mengklaim rugi pajak tersebut. Apakah diperbolehkan perlakuan demikian?
Kembali Ke Atas
Nurul
Tamu





PostDikirim: Sel Okt 25, 2005 1:15 am    Judul: Balas dengan kutipan

Rugi pajak berbeda dengan rugi menurut akuntansi. Rugi pajak adalah posisi rugi yang didapat dari perhitungan laba rugi menurut akuntansi kemudian disesuaikan (ditambah/dikurang) dengan koreksi fiskal. Terdapat potensi pemanfaatan rugi pajak yang dibukukan pada suatu tahun pajak di tahun-tahun mendatang. Umumnya saldo rugi menurut pajak yang memiliki masa manfaat yang akan datang dalam bentuk potensi untuk dapat dikompensasikan dengan laba kena pajak di tahun-tahun berikutnya adalah yang tidak melebihi 5 tahun sejak tahun terjadinya.
Hak untuk mengkompensasikan rugi menurut pajak yang memenuhi syarat, telah diatur dalam undang-undang menyangkut Pajak Penghasilan (PPh) berikut peraturan-peraturan pelaksanaannya. Umumnya Wajib Pajak akan sangat berkepentingan mengamankan dan memanfaatkan rugi pajak yang masih tersisa. Oleh sebab itu memang terkesan agak tidak umum jika sebuah perusahaan justru bermaksud sebaliknya, yaitu tidak berminat untuk memanfaatkan saldo rugi pajaknya. Walaupun demikian, kami berpendapat bahwa itu adalah keputusan yang sah-sah saja.
Kami berpendapat bahwa keputusan untuk tidak memanfaatkan rugi pajak yang sebenarnya dapat dimanfaatkan, sepenuhnya merupakan hak Wajib Pajak. Kami juga tidak mengetahui adanya peraturan yang melarang jika Wajib Pajak yang berhak mengkompensasikan rugi pajaknya tidak menggunakan haknya.
Sulit untuk memperkirakan kemungkinan efek negatif dari keputusan di atas, hanya dengan pertanyaan singkat ini. Namun jika faktor lain dianggap tidak bermasalah dan/atau tidak terdapat kompleksitas masalah, maka menurut pandangan kami keputusan di atas tidak akan menimbulkan masalah yang berarti.
Kembali Ke Atas
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh 25 Zona waktu menurut GMT
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling


Powered by www.pajak.net © 2005-2007