Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia

 
 FAQFAQ   PencarianPencarian   AnggotaAnggota   GroupGroup   PendaftaranPendaftaran 
 ProfilProfil   Login ke Pesan Pribadi AndaLogin ke Pesan Pribadi Anda   LoginLogin 

Software Payroll Indonesia

PPh Pasal 21 Karyawan Baru

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh 21
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
Wibowo
Tamu





PostDikirim: Sel Okt 25, 2005 1:17 am    Judul: PPh Pasal 21 Karyawan Baru Balas dengan kutipan

Apa yang seharusnya kami lakukan sehubungan dengan penghitungan PPh Pasal 21 jika karyawan baru menolak/tidak memberikan bukti pemotongan PPh Pasal 21 dari pemberi kerjanya yang terdahulu. Sebelumnya, karyawan tersebut mengaku telah memiliki pengalaman bekerja sebelum bekerja di perusahaan kami.
Thanks.
Kembali Ke Atas
Taufik
Tamu





PostDikirim: Sel Okt 25, 2005 1:18 am    Judul: Balas dengan kutipan

Jika karyawan baru (tetap) masuk pada tahun pajak berjalan maka pemberi kerja yang sekarang akan melakukan penghitungan PPh Pasal 21 atas penghasilan karyawan tersebut dengan memperhitungkan penghasilan dan PPh Pasal 21 yang telah dipotong selama bekerja di pemberi kerja terdahulu pada tahun pajak yang sama. Sebagai karyawan tetap, bukti atas penghasilan dan pemotongan PPh Pasal 21 dari pemberi kerja terdahulu adalah form 1721 A1 atas nama karyawan yang bersangkutan dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang pemberi kerja terdahulu.
Prosedur di atas hanya diterapkan dalam hal karyawan bergabung pada di tengah berjalannya tahun pajak. Jika karyawan bergabung pada 1 Januari, prosedur di atas tidak perlu dilakukan.
Pada prakteknya mungkin saja tidak tersedianya bukti pemotongan PPh Pasal 21 dari pemberi kerja terdahulu bersifat sementara. Artinya dalam hal ini hanya terjadi penundaan, karena pemberi kerja terdahulu misalnya hanya akan menerbitkan bukti tersebut bersamaan dengan penyusunan SPT Tahunan PPh Pasal 21 atas seluruh karyawan di tahun pajak tersebut. Namun mungkin juga memang bukti potong tersebut tidak akan pernah tersedia karena berbagai alasan.
Dalam hal tidak tersedia bukti atas pemotongan PPh Pasal 21 atas periode kerja terdahulu sebagaimana dimaksud di atas maka pemberi kerja yang sekarang biasanya menerapkan pemotongan PPh Pasal 21 seolah-olah karyawan tersebut tidak pernah bekerja dengan pemberi kerja lain di tahun pajak yang sedang berjalan.
Kembali Ke Atas
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh 21 Zona waktu menurut GMT
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling


Powered by www.pajak.net © 2005-2007