Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia

 
 FAQFAQ   PencarianPencarian   AnggotaAnggota   GroupGroup   PendaftaranPendaftaran 
 ProfilProfil   Login ke Pesan Pribadi AndaLogin ke Pesan Pribadi Anda   LoginLogin 

Software Payroll Indonesia

Biaya Perjamuan dan PPh Badan

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh 25
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
kartini



Sejak: 01 Feb 2006
Post: 12

PostDikirim: Rab Feb 01, 2006 11:49 am    Judul: Biaya Perjamuan dan PPh Badan Balas dengan kutipan

Apakah ada batasan maksimum jumlah sehingga biaya perjamuan dapat diklaim sebagai biaya yang dapat dikurangkan dalam menghitung pajak penghasilan (PPh) Badan. Jika perusahaan telah memiliki dokumen yang lengkap dan melampirkan daftar biaya perjamuan sesuai ketentuan, apakah biaya tersebut dijamin dapat diklaim sebagai biaya yang dapat dikurangkan dalam menghitung PPh Badan?
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
kartini



Sejak: 01 Feb 2006
Post: 12

PostDikirim: Rab Feb 01, 2006 11:50 am    Judul: Balas dengan kutipan

Karena biaya perjamuan termasuk jenis biaya yang seringkali mengundang perhatian, langkah Ibu menyiapkan dokumen pendukung yang lengkap dan jelas merupakan langkah awal yang tepat mendukung pengklaiman biaya ini sebagai biaya yang dapat dikurangkan dalam menghitung PPh Badan terhutang.
Perlu Ibu ketahui, pada prinsipnya biaya yang dapat dikurangkan dalam menghitung PPh Badan adalah biaya untuk mendapatkan, menagih dan memelihara penghasilan, yaitu biaya-biaya yang memiliki hubungan langsung dengan usaha atau kegiatan untuk mendapatkan, menagih dan memelihara penghasilan yang merupakan objek PPh yang tidak bersifat final.
Undang-undang mengenai PPh telah mengatur lebih lanjut bahwa terdapat biaya-biaya yang tidak dapat dikurangkan dalam menghitung PPh Badan. Biaya yang tidak dapat dikurangkan antara lain biaya yang dibebankan atau dikeluarkan untuk kepentingan pribadi pemegang saham, penggantian atau imbalan sehubungan pekerjaan atau jasa yang diberikan dalam bentuk natura atau kenikmatan.
Dengan demikian, tidak semua biaya perjamuan dapat diklaim sebagai biaya yang dapat dikurangkan, setidaknya karena tidak memenuhi prinsip persyaratan di atas. Contohnya, biaya perjamuan yang kemungkinan dianggap tidak memenuhi syarat di atas, sehingga tidak dapat dikurangkan sebagai biaya dalam menghitung PPh Badan adalah biaya perjamuan yang dikeluarkan perusahaan untuk menjamu direktur atau karyawan di perusahaan itu sendiri atau untuk menjamu keluarga sendiri.
Sepengetahuan kami, tidak ada batasan jumlah biaya perjamuan yang dapat diklaim sebagai biaya yang dapat dikurangkan dalam menghitung PPh Badan. Namun, besarnya biaya perjamuan yang dipandang sebagai tidak wajar berpotensi menimbulkan masalah sehubungan rencana pengklaiman biaya itu menjadi biaya yang dapat dikurangkan.
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh 25 Zona waktu menurut GMT
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling


Powered by www.pajak.net © 2005-2007